Menu

Mode Gelap

Begini Sikap Real Madrid Usai Barcelona Didakwa Suap Wasit 7 Juta Euro

Editor:
Senin, 13 Maret 2023, 21:35 WITA

Barcelona Suap WasitPerbesar

Barcelona Suap Wasit

SulutPlus.com – Real Madrid angkat bicara soal rival abadi mereka Barcelona didakwa atas tuduhan melakukan suap kepada wasit Jose Maria Enriquez Negreira.

Sikap Real Madrid tersebut diambil secara tegas setelah menggelar pertemuan dewan direksi pada Minggu, 12 Maret 2023.

“Dewan Direksi Real Madrid CF telah meninjau tuduhan serius yang diajukan oleh Kejaksaan Barcelona terhadap FC Barcelona, ​​dua mantan presidennya, Josep Maria Bartomeu dan Sandro Rosell, dan eksekutif Albert Soler dan Oscar Grau, di dasar dugaan pelanggaran korupsi dalam olahraga, antara lain, semua terkait dengan hubungan klub dengan mantan Wakil Presiden Komite Wasit Teknis (CTA), Jose Maria Enriquez Negreira,” bunyi pernyataan resmi Real Madrid.

Dalam pertemuan itu, Real Madrid ingin menyampaikan rasa prihatin yang sebesar-besarnya mengenai beratnya fakta dan menegaskan kembali kepercayaannya pada sistem hukum.

“Klub telah setuju bahwa, untuk membela hak-haknya yang sah, ia akan hadir di persidangan saat hakim membukanya untuk pihak-pihak yang terkena dampak,”.

Sementara itu, Barcelona yang didakwa menyuap wasit dalam rentang tahun 2001-2017, kini harus berurusan dengan pengadilan.

Barcelona dituding menyuap eks eks Wakil Presiden Komite Wasit Spanyol (CTA) Jose Maria Enriquez Negreira. Barca dikabarkan membayar Negreira sebanyak 7 juta Euro atau setara Rp 115 miliar pada rentang tahun 2001-2017.

Pembayaran berhenti usai Negreira tak lagi memegang jabatan di CTA pada 2018. Kasus ini mencuat berdasarkan penyelidikan pajak terhadap perusahaan milik Negreira.

Beberapa orang yang dinyatakan bersalah adalah Negreira , dua mantan presiden Barcelona Sandro Rosell (2010-2014) dan Josep Maria Bartomeu (2014-2020). Ada dua mantan pejabat eksekutif Oscar Grau dan Albert Soler.

Dalam waktu dekat, Barcelona akan hadapi pengadilan. Sampai sekarang, belum ada keterangan resmi dari pihak klub.

Baca Juga:  Liga 2 Musim 2024 Dimulai November 2023

Tak berhenti sampai di situ, Barcelona siap-siap sudah jatuh tertimpa tangga. Dilansir dari Marca, Barca dibayangi pencoretan dari Liga Champions musim depan!

Dalam Pasal 4 Paragraf G di aturan UEFA, dijelaskan bahwa klub tidak boleh berpartisipasi dalam ajang kompetisi antarklub Eropa (UEFA Conference League, Liga Europa, dan Liga Champions) jika terbukti melakukan suap di level kompetisi manapun.

UEFA berhak mencoret klub tersebut demi menjaga nilai-nilai sepakbola yang jujur. Bahkan baru-baru ini, UEFA diketahui sudah mengumpulkan informasi terkait status penyelidikan, tuntutan, dan klaim Barcelona!

Barcelona sementara ini puncaki Klasemen Liga Spanyol. Andai jadi juara atau setidaknya finis kedua, Blaugrana berhak maju ke Liga Champions musim depan.

Tapi apa daya, andai terbukti salah maka Barca siap-siap ucapkan adios ke Liga Champions nanti.(*)

Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Editor

Baca Berita Lainnya

Ternyata Ini Alasan PSSI Tidak Melanjutkan Liga 2

4 Maret 2023 - 19:20 WITA

Liga 2

Liga 2 Musim 2024 Dimulai November 2023

4 Maret 2023 - 11:27 WITA

Liga 2

Soal Isu Shin Tae-young Out, Ini Kata Ketum PSSI Erick Thohir

2 Maret 2023 - 18:17 WITA

Ketua Umum PSSI Erick Thohir
Trending diBerita Olahraga